Pac-Man
WELCOME TO MY BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 21 Maret 2013

CONTOH RPBK / SATLAN



RENCANA PROGRAM
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING


1.        Tugas Perkembangan                   :
·      Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran untuk mempersiapkan karir serta berperan aktif dalam masyarakat

2.        Rumusan Kompetensi                  :
a.    Mampu belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi pelajaran lebih lanjut
b.    Mampu belajar secara optimal untuk mengembangkan persiapan karir
c.    Mampu belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat

3.        Materi Layanan                            :
·      Mampu memiliki kemampuan untuk pengembangan belajar

4.        Sub Materi Layanan                     : Motivasi Belajar

5.        Bidang Bimbingan                       : Bimbingan Belajar

6.        Jenis Layanan                               : Bimbingan kelompok.

7.        Fungsi Layanan                            : Pemahaman dan Pemeliharaan

8.        Tujuan Layanan                           :
·         Siswa dapat memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar terutama dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar di sekolah atau di luar sekolah

9.        Sasaran Layanan                          : Siswa kelas IX

10.    Semester / Waktu                         : Ganjil / 1 x 40 menit

11.    Uraian Kegiatan                           :
a.                             Kegiatan I                   :
·      Guru pembimbing mengabsen siswa.
·      Guru pembimbing menyiapkan siswa untuk bimbingan kelompok dengan duduk melingkar.
·      Guru pembimbing menyampaikan tentang tema bimbingan pada pertemuan hari ini.

b.                            Kegiatan 2                   :
·      Guru pembimbing menjelaskan jalan diskusi dalam bimbingan kelompok.
·      Salah seorang siswa menyampaikan apa yang menjadi keluhannya selama mengikuti bimbel.
·      Anggota kelompok yang lain menanggapi masalah yang disampaikan secara bergantian.
·      Guru pembimbing menyampaikan kesimpulan yang diambil dari hasil diskusi.

c.                             Kegiatan 3                   :
·      Guru pembimbing menayangkan satu video tentang motivasi
·      Siswa menyampaikan pendapatnya tentang apa yang dilihat dalam tayangan tersebut.
·      Berdasarkan penjelasan guru pembimbing, siswa membuat komitmen melalui tiga tahap:
1)            Rencana Jangka Pendek (Japen)
2)            Rencana Jangka Menengah (Jamen)
3)            Rencana Jangka Panjang (Japan)





12.    Nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam materi ini:
a.       Memahami tentang kelemahan dan kekuatan diri yang memicu motivasi dalam belajar.
b.      Memahami bahwa motivasi tumbuh dan dimunculkan dari dirinya sendiri serta peranannya dalam mencapai prestasi belajar.

13.    Pengembangan Diri                      :
a.       Memiliki motivasi belajar yang tinggi terutama dalam mengikuti bimbel.
b.      Memiliki prestasi belajar yang semakin baik.

14.    Sumber Belajar                             :
a.       Data nilai siswa
b.      Hasil diskusi dengan guru kelas
c.       Internet

15.    Metode                                         : diskusi kelompok

16.    Tempat                                         : Ruang aula

17.    Penyelenggara                              : Guru Pembimbing

18.    Pihak yang terkait                                    :
a.       Wali Kelas
b.      Orang tua

19.    Penilaian / Unsur yang dinilai      :
a.       Pemahaman materi.
b.      Sharing perasaan yang dialami setelah mendapatkan layanan ini.
c.       Hasil diskusi dan tugas-tugas yang dikerjakan.
Tugas yang dikerjakan siswa:
     
             Tuliskan pendapatmu setelah melihat tayangan video dan mengikuti bimbingan kelompok


20.    Tindak Lanjut                              :
·           Layanan konseling individu bagi siswa yang belum dapat menunjukkan perkembangan positif setelah layanan ini.

21.    Catatan Khusus                            :
·           Hal-hal yang sangat penting terjadi selama proses kegiatan menjadi perhatian pembimbing untuk langkah selanjutnya.


Mengetahui                                                                             Surabaya, 17 Oktober 2012
                       
        Kepala Sekolah                                                                                       Guru BK
                                                                                                                     


    ………………………..                                                                      …………………….          

1 komentar:

  1. SANGAT BAIK TENTANG MENDIDIK SISWA YG NAKAL DLM PRILAKUNYA

    BalasHapus