ABSTRAK
Okvitasari,
Theresia Lely. 2012.
Pengaruh
Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri
Siswa Kelas VIII
SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012.
Skripsi,
Program Studi: Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya, Dosen Pembimbing: Dra.
Siti Utari, M.Kes.
.
Kata
kunci : kepercayaan
diri,
konseling
kelompok,
siswa SMP.
SMP
Katolik Karitas III Surabaya, pada tahun pelajaran 2011/2012
ditemukan beberapa siswa yang sulit dalam penerimaan
terhadap diri sendiri,
menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mandiri dalam segala hal,
mudah
terpengaruh oleh orang lain.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah
ada pengaruh yang positif layanan konseling kelompok terhadap
peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII
SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan
yang ingin dicapai adalah mengefektifkan
layanan Bimbingan dan Konseling di SMP terutama layanan konseling
kelompok serta meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII
SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.
Metode
yang dipilih oleh peneliti adalah Pre-Experimental
Design dengan
One-Group
Pretest Design
dan Posttest
Design;dan
dalam
penelitian ini tidak ada kelompok kontrol maka disebut juga Single
Group Experiment.
Populasi
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas kelas VIII
SMP
Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012; yaitu
sebanyak
95 siswa.
Sampel penelitian diambil berdasarkan hasil pretest yaitu sebanyak 20
siswa. Dalam
konseling kelompok ini, peneliti menggunakan teori konseling
Person-centered
Pretest
diberikan
pada 95 siswa, diperoleh hasil total skor 347 dan rata-rata 49,6 yang
termasuk kategori rendah; dan peneliti mengambil 20 siswa yang
mempunyai skor rendah untuk mendapatkan traetment.
Rata-rata
skor posttest dari
20 siswa
yang telah mendapatkan layanan konseling kelompok
adalah 65,14 dan yang
mengalami peningkatan kepercayaan diri adalah 19
orang.
Hasil
Paired
Samples T-Test
pada program SPSS for windows 16.0. adalah -t hitung < - t tabel
(-20,646 < -2,093024) jadi Ho ditolak; yang artinya ada pengaruh
positif yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap
peningkatan
kepercayaan diri siswa kelas VIII
SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dari nilai mean dapat diketahui bahwa rata-rata skor posttest skala
kepercayaan diri siswa lebih tinggi daripada rata-rata skor pretest
skala kepercayaan diri siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
konseling kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar