Pac-Man
WELCOME TO MY BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 29 April 2012

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELA VIII SMPK KARITAS III SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2011/2012


ABSTRAK

Okvitasari, Theresia Lely. 2012. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi: Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing: Dra. Siti Utari, M.Kes.
.

Kata kunci : kepercayaan diri, konseling kelompok, siswa SMP.


SMP Katolik Karitas III Surabaya, pada tahun pelajaran 2011/2012 ditemukan beberapa siswa yang sulit dalam penerimaan terhadap diri sendiri, menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mandiri dalam segala hal, mudah terpengaruh oleh orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan yang ingin dicapai adalah mengefektifkan layanan Bimbingan dan Konseling di SMP terutama layanan konseling kelompok serta meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.
Metode yang dipilih oleh peneliti adalah Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest Design dan Posttest Design;dan dalam penelitian ini tidak ada kelompok kontrol maka disebut juga Single Group Experiment. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas kelas VIII SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012; yaitu sebanyak 95 siswa. Sampel penelitian diambil berdasarkan hasil pretest yaitu sebanyak 20 siswa. Dalam konseling kelompok ini, peneliti menggunakan teori konseling Person-centered
Pretest diberikan pada 95 siswa, diperoleh hasil total skor 347 dan rata-rata 49,6 yang termasuk kategori rendah; dan peneliti mengambil 20 siswa yang mempunyai skor rendah untuk mendapatkan traetment. Rata-rata skor posttest dari 20 siswa yang telah mendapatkan layanan konseling kelompok adalah 65,14 dan yang mengalami peningkatan kepercayaan diri adalah 19 orang. Hasil Paired Samples T-Test pada program SPSS for windows 16.0. adalah -t hitung < - t tabel (-20,646 < -2,093024) jadi Ho ditolak; yang artinya ada pengaruh positif yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Katolik Karitas III Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari nilai mean dapat diketahui bahwa rata-rata skor posttest skala kepercayaan diri siswa lebih tinggi daripada rata-rata skor pretest skala kepercayaan diri siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar